JEJAK KEBAIKAN SANG DERMAWAN

Written by fina

Tahukah Sahabat, ada seorang tukang ojeg yang rutin berdonasi sebesar Rp 50.000 per bulan untuk menjadi Orang Tua Asuh. Tentunya ini tak mudah. Istri dan anak-anaknya senantiasa menunggunya di rumah berharap rezeki yang didapat hari ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski tak hidup berkecukupan, sang tukang ojeg tak keberatan mengeluarkan sebagian hartanya. Baginya, uang yang dihabiskan di jalan Allah takkan habis sia-sia.

Subhanallah, kebaikan tak pernah gagal menginspirasi. Cerita ini selalu kami gaungkan, donasi pun berdatangan. Banyak sekali donatur yang ‘lahir’ dari kisah ini. Mulai dari kalangan ibu rumah tangga, yang rutin kirim dana setiap tanggal 26. Banyak pula ‘Hamba Allah’ yang setiap hari rajin mengirimkan bukti transfer sebesar 50 ribu, iya benar, setiap hari!

Subhanallah, sang bapak tukang ojek mungkin tidak pernah menyangka, kedatangannya pagi itu untuk berdonasi akan diikuti banyak orang. Entah berapa pahala yang dia dapatkan ketika orang lain yang terinspirasi kisahnya ikut berinfak. Kebaikan yang ia buat pagi itu meninggalkan jejak. Dan jejaknya terus memanjang.

Maka sahabat, jika kebaikan meninggalkan jejak, demikian pula keburukan. Banyak mungkin yang tidak sadar, keburukan yang kita perbuat, akan meninggalkan jejak. Membuat orang lain mencontoh.

Maka berusahalah untuk senantiasa berbuat kebaikan, karena kita tidak tahu, sepanjang apa jejak kebaikan yang akan kita tinggalkan, hingga kelak di akhirat, Allah akan memberikan catatan amal kita di dunia, dan mungkin kita akan terkaget-kaget dengan banyaknya catatan amal kebaikan yang bukan murni berasal dari amal kita. Namun dari amal kebaikan orang lain yang terinspirasi oleh apa yang sudah kita lakukan.

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ الْمَوْتَى وَنَكْتُبُ مَاقَّدُموا وَءَاثَارَهُمْ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُّبِينٍ

“Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang yang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas (JEJAK) yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).” [Yasin : 12]

Maka berbuat kebaikan, dan panjangkan jejak kebaikanmu!

Allahu a’lam

Salam,

Askar Kauny

About the author

fina

Leave a Comment