Para santri Askar Kauny di Jakarta, Bekasi dan Lampung dibekali edukasi pencegahan wabah penyakit dengan menjalankan pola hidup bersih. Foto/Ist

Upaya pencegahan virus Corona yang dilakukan santri Pondok Askar Kauny patut ditiru oleh masyarakat. Apa yang dilakukan oleh santri-santri calon penghafal Al-Qur’an ini sejalan dengan imbauan Kementerian Kesehatan untuk menjalankan pola hidup sehat berstandar WHO.

Para pengasuh di 35 Pondok Askar Kauny yang tersebar di Indonesia dan Mesir langsung merespons dengan melakukan pencegahan. Sekitar 500 santri di seluruh Pondok Askar Kauny dibimbing prosedur pencegahan masuknya virus. Di antaranya mencuci tangan, berwudhu, membersihkan pondok dan menjaga pola makan sehat dan seimbang.

“Kita langsung turun ke mahad (pondok) untuk mengedukasi para santri agar menjalankan anjuran dari kemenkes untuk mencegah masuknya virus atau penyakit dari diri sendiri,” jelas Manajer mahad Askar Kauny, Azza Muhammad Nisfi dalam keterangannya, Selasa (3/3/2020).

Azza menyatakan, para pengasuh dan manajemen Yayasan Askar Kauny membekali para santri usia sekolah untuk terbiasa hidup bersih dan sehat. Para santri, kata Azza, dibiasakan membersihkan kamar juga pondok secara keseluruhan. Selain itu, santri juga diwajibkan untuk mencuci tangan memakai sabun sebelum dan setelah beraktivitas.

“Kami ajarkan cara mencuci tangan yang benar. Dan yang penting sebetulnya, kita umat muslim sudah secara otomatis punya pencegahan terhadap penyakit, yaitu dengan berwudhu minimal sehari lima kali. Dalam wudhu kita mencuci tangan sampai siku, dan Masya Allah ternyata itu adalah standar mencuci tangan yang benar secara medis untuk pencegahan penyakit,” beber Azza.

Tim Askar Kauny mengedukasi para santri di seluruh Indonesia dan Mesir agar waspada jika ada santri yang sakit. “Kita sebarkan call center puskesmas, rumah sakit dan tanggap darurat corona dari pemerintah,” papar Azza. Dia juga meminta para santri membentengi diri dengan doa agar wabah Corona bisa segera diatasi.

Kautsar, santri Askar Kauny dari mahad Pesanggrahan, Jakarta Selatan mengaku sudah mengetahui prosedur pencegahan terhadap penyakit atau virus. “Cuci tangan yang benar, rajin membersihkan pondok, makan yang sehat dan memakai masker jika ada yang batuk atau bersin,” jelasnya.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *