Askar Kauny

Urgensi Wakaf dalam Sumber Hukum Islam

Hadits tentang Wakaf – Kata wakaf atau waqf berasal dari bahasa Arab, yaitu waqafa yang berarti menahan atau berdiam atau berhenti di tempat atau tetap berdiri. Dalam kamus fiqih, waqaf adalah memindahkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Wakaf telah disyariatkan berdasar ijma’ ulama, mengingat pentingnya wakaf, karena wakaf ini bisa memberi manfaat bagi orang lain dan orang yang mewakafkan, baik ketika dia masih hidup, atau setelah meninggal.

Rasulullah bersabda, dari Abu Hurairoh :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali dari 3 perkara, 1. shodaqoh jariyah, 2. ilmu yang bermanfaat, 3. anak sholih yang mendoakan orang tuanya (H.R Muslim no. 1631)

Wakaf sendiri termasuk dalam shodaqoh jariyah. Dan sungguh bahagia orang yang telah meninggal dunia dan sudah tidak dapat beramal, tapi pahalanya masih mengalir.

Tidak sedikit sahabat yang mewakafkan hartanya, sampai-sampai ulama’ mengatakan,”lihatlah di kota Madinah banyak sekali wakaf sahabat”, disana ada Abu Bakar, Umar, Utsman, dll, ini merupakan perkara yang mutawatir.

Dan pembahasan wakaf ini dikhususkan lagi bagi orang yang diberi kelebihan harta oleh Allah swt. baik itu perkara kecil atau perkara yang Besar.

Hendaknya diingat orang yang memiliki kelebihan harta bahwa hartanya tidak akan dibawa sampai mati, bisa jadi harta itu membelanya bahkan bisa menjadi bumerang baginya.

Apalagi harta yang didapat dari peras keringat, peras otak, apalagi sampai ribut dengan orang lain, kalau tidak dia pakai untuk jalan Allah, maka harta itu bisa jadi akan menghujatnya di hari Kiamat nanti.

Ipar Adalah Maut?

Ipar Adalah Maut? Sahabat, pernahkah Anda memperhatikan film seri atau sinetron di negara ini yang acapkali mengangkat hubungan yang kurang

Memaafkan Itu (tidak) Mudah

  Memaafkan Itu (tidak) Mudah Sahabat, pernahkah merasa hati tak tenang, padahal sejatinya kita tak punya masalah berat yang sedang